Food Not Bombs


Tanggal 20 Juni yang lalu, beberapa anak muda dari depok melakukan aksi solidaritas dengan membagikan makanan vegetarian secara gratis. Kegiatan yang mereka sebut Food Not Bombs atau biasa disingkat FNB itu berlangsung disekitar stasiun dan terminal
depok.

Apa itu food not bombs? FNB adalah bentuk solidaritas dengan menyediakan makanan vegetarian gratis kepada siapapun yang membutuhkannya. Kegiatan ini bermula dari San Francisco, kemudian menyebar keseluruh dunia hingga ke Indonesia. Kegiatan ini sama sekali bukan kegiatan amal melainkan bentuk politis sikap anti kemiskinan, perlawanan terhadap ketidakadilan serta penindasan, menyadarkan sesama untuk saling bekerjasama saling membantu, dan secara lebih jauhnya bertujuan menciptakan sebuah tatanan dunia yang non-kekerasan, tatanan masyarakat yang lebih baik, jauh dari kemiskinan.

Bagaimana semua itu diterapkan dalam sebuah aksi? , Menyediakan makanan gratis merupakan salah satu langkah yang tepat mengingat kondisi kebutuhan sosial mendesak dengan angka kemiskinan yang tinggi. Dalam kelompok solidaritas dan sikap saling menolong di tunjukan dengan turun ke jalan dan berbagi makanan gratis. FNB berusaha menciptakan sebuah organisasi non hirarkis yang mengkounter rasisme, seksisme, homofobia dan berbagai bentuk penindasan serta dominasi yang hanya menguntungkan sebagian orang saja. Sebuah keputusan diambil dengan musyawarah bersama dengan mengedepankan demokrasi yang sesungguhnya. Selain itu diberikan juga penjelasan-penjelasan mendasar atau lebih spesifik terhadap masyarakat. Kelompok ingin menyadarkan perlunya aksi langsung saling membantu antar sesama untuk bersama agar terciptanya sebuah tatanan masyarakan yang lebih baik disamping terus berusaha menghancurkan kapitalisme.


Kenapa vegetarian? FNB menyediakan makanan vegetarian sebagai bentuk perlawanan politis melawan industri daging beserta variannya. disamping itu FNB juga mempromosikan pendekatan lingkungan, mempromosikan hidup lebih sehat, serta mendukung pembebasan hewan. Tidak hanya merubah hubungan antar sesama manusia, tetapi juga hubungan antara manusia dengan bumi dan lingkungannya.

”Earth is enough to satisfy every man’s need, but not every man’s greed.” – Gandhi

Karena makanan adalah hak semua orang bukan hak istimewa segelintir orang saja!
Karena ada cukup makanan untuk semua orang dimana-mana!
Karena kekurangan bahan makanan pokok adalah bohong!
Karena disaat kita lapar atau kedinginan kita punya hak untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dengan cara meminta, mengamen, atau menempati bangunan-bangunan kosong!
Karena kapitalisme menjadikan makanan sebagai sumber keuntungan, bukan sebagai sumber nutrisi!
Karena makanan tumbuh pada tanaman!
Karena kita butuh lingkungan bukan kendali!
Karena kita butuh rumah bukan penjara!
Karena kita butuh makanan bukan bom!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar