Bab 2. Wawasan nusantara.

Kehidupan Negara senantiasa di pengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategik sehingga wawasan harus mampu memberi inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dalam mengejar kejayaannya. wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung.
– geopolitik adalah ilmu yang mempelajari gejala gejala politik dari aspek geografi.
– wawasan nasional indonesia di kembangkan berdasarkan wawasan nasional secara universal sehingga di bentuk dan di jiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang di pakai di negara indonesia.

Dasar pemikiran dan pembinaan nasional indonesia di tinjau dari : pemikiran berdasarkan falsafah indonesia, pemikiran berdasarkan aspek kewilayahan, dan pemikiran berdasarkan aspek kesejarahan.
– unsur dasar wawasan nusantara : a. wadah ( wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa , bernegara meliputi seluruh wilayah indonesia. b. isi ( aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita cita serta tujuan nasional yang terdapat di dalam pembukaan uud 1945. c. tata laku ( hasil interaksi antara wadah dan isi wawasan nusantara yang terdiri dari : tata laku bathiniah dan tata laku lahiriah ).
– Asas wawasan nusantara : kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerjasama, kesetiaan.

Kritik dan Saran :

Globalisasi, serta kemajuan tehnologi dibidang komunikasi telah memberikan berbagai macam dampak baik itu positif atau negatif. dampak negatifnya generasi muda kita sekarang sangatlah condong terhadap budaya luar sehingga nilai nasionalisnya berkurang. Banyak generasi muda kita yang tidak tahu betapa indah dan banyaknya wisata alam di negara kita.

Untuk itu selain campur tangan pemerintah, kita sebagai mahasiswa yang notabene aktif dan terbuka dalam hal ini perlu ikut andil mengajak, dan memberikan informasi kepada adik-adik atau teman-teman kita yang masih kurang wawasannya akan negara kita agar tumbuh lagi semangat nasionalisme, agar kecintaan kita dan kebanggaan kita benar lah tumbuh secara mendasar karena terpesona akan nusantara ini.

Bab 1 . Pengantar pendidikan kewarganegaraan

Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah. Sedangkan negara adalah wilayah yang di tempati oleh beberapa kelompok. Beberapa teori terbentuknya negara yaitu teori hukum alam ( plato & aristoteles ), teori ketuhanan, dan teori perjanjian (thomas hobbes).
Unsur negara : konstitutif dan deklaratif.
– Bentuk negara : negara kesatuan dan negara serikat.
– Negara dan warga negara dalam sistem kenegaraan di indonesia.
NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan negara berdaulat yang mendapatkan pengakuan dari dunia internasional dan menjadi anggota PBB.

1. Proses bangsa yang menegara.
sejak 17 agustus 1945 indonesia sudah memulai proses menegara. proses secara singkatnya adalah sebagai berikut :

– Perjuangan pergerakan kemerdekaan indonesia

– Proklamasi / pintu gerbang kemerdekaan.

– Keadaan negara yang nilai dasarnya, merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

– Demokrasi adalah sebuah bentuk kekuasaan dari, oleh, dan untuk rakyat.

– Bentuk demokrasi : Pemerintahan monarki dan pemerintahan republik,

Beberapa prinsip dasar pemerintahan indonesia di dalam UUD 45 adalah Indonesia merupakan negara yang berdasar atas hukum, dan sistem konstitusi. Kekuasaan negara yang tertinggi berada di tangan MPR, presiden adalah penyelenggara pemerintahan ( tidak bertanggung jawab kepada DPR ), menteri negara ialah pembantu presiden ( tidak bertanggung jawab kepada DPR ). kekuasaan kepala negara tidak terbatas.
Dalam menjalankan tugasnya, Presiden di bantu oleh badan pelaksana pemerintahan yang berdasarkan tugasnya dan fungsi di bagi menjadi :

a. departement beserta aparat di bawahnya.

b. lembaga pemerintahan bukan Departement.

c. badan usaha milik negara.


Opini

Didalam pengantar pendidikan kewarganegaraan ini bisa dibilang lengkap dengan adanya latarbelakang. Perkembangan pendidikan pendahuluan bela negara, pemahaman tentang demokrasi, kerangka dasar kehidupan nasional meliputi keterkaitan antar falsafah pancasila, UUD 1945 serta wawasan nusantara dan ketahanan nasional, pemahaman tentang hak asasi manusia,landasan hubungan UUD 1945 dan Negara kesatuan republik Indonesia serta penjelasan-penjalasan di pokok masalah yang lain yang ada di bab1.dengan banyaknya pembahasan yang dijabarkan kita akan mengerti lebih dalam pentingnya pendidikan kewarganegaraan.

Dari pendidikan kewarganegaraan ini kita akan tahu perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan bangsa dengan dilandasi keimanan an ketakwaan sehingga menimbulkan semangat perjuangan bangsa yang menjadi latar belakang pendidikan kewarganegaraan dan kita juga dapat memahami tentang bangsa dan Negara dengan adanya unsur, bentuk, teori dapat terbentuknya Negara dan juga kita dapat mengerti bagaimana penjelasan dan warga Negara dalam sistem kenegaraan di Indonesia.dapat mengerti apa saja hak dan kewajiban warga Negara, prinsip dasar pemerintahan republik Indonesia. Begitu juga penjelasan tentang pendidikan kewarganegaraan yang lain.
Saran

Dalam penjelasan hak yang memiliki pasal-pasal mungkin bisa lebih dijelaskan seperti hak untuk memajukan diri(pasal 28 c ayat 2). begitu juga didalam pemahaman tentang demokrasi yang tentang pemerintahan monarki tidak dijelaskan secara rinci bagaimana sistem pemerintahan dan struktur kepemerintahannya sehingga dapat mengerti secara jelas tentang pemerintahan monarki.menurut saya itu saja.penjelasan dalam bab 1 ini sudah sangat bagus dan hampir lengkap dan juga lebih bisa memahami tentang pendidikan kewarganegaraan serta bagaimana terbentuknya Negara,hak dan kewajiban warga Negara